Jumat, 19 Maret 2010

Fungsi dan Manfaat Internet


(Zona Netter) - Internet merupakan salah satu bagian dari kemajuan teknologi dunia dan merupakan bukti nyata peradaban manusia yang semakin modern. Kemajuan teknologi tidak terlepas dari peranan Internet sebagai media informasi bagi manusia di seluruh dunia. Sebagai media informasi, Internet telah berkembang menjadi sebuah media yang menjadi primadona bagi kalangan penyebar dan pencari informasi. Kriteria Internet sebagai media informasi yang fleksibel, murah, cepat dan lengkap menjadikannya sebagai pilihan utama bagi masyarakat dunia.

Dalam kehidupan sehari-hari, Internet telah memberikan banyak manfaat bagi masyarakat dunia. Manfaat Internet ini pun dapat kita rasakan dalam berbagai bidang kehidupan. Hampir semua bidang kehidupan telah dimasuki teknologi Internet yang sangat memudahkan bagi para penggunanya dalam mencari berbagai informasi yang dibutuhkan. Informasi yang didapat pun sangatlah banyak dan sangat mudah dicari. Hanya dengan sebuah komputer yang terkoneksi Internet, kita dapat menjelajah dunia hanya dengan melihat pada sebuah layar monitor. Ribuan bahkan jutaan informasi digital berharga dapat kita dapatkan dengan mudah melalui Internet.

Di bawah ini Zona Netter akan menguraikan secara garis besar manfaat Internet dalam berbagai bidang kehidupan manusia, diantaranya :

1. Bidang Informasi dan Komunikasi

Internet sebagai media Informasi dan Komunikasi telah berkembang dengan pesat dan cepat. Kita telah lama mengenal Internet sebagai sarana komunikasi dan sarana penyebaran informasi serta berita secara digital. Internet yang menggunakan teknologi jaringan online memungkinkan para penggunanya untuk saling bertukar informasi tanpa mengenal jarak dan waktu.

Sebagai media informasi, Internet akan lebih baik dibandingkan dengan media informasi konvensional berupa koran, majalah maupun media cetak lainnya. Internet jauh lebih efektif dan efisien dibanding penyebaran informasi melalui media cetak. Proses penyebaran informasi melalui Internet dapat menjangkau berbagai wilayah geografis di dunia dengan cepat. Proses penyebaran informasi melalui Internet yang komponen utamanya adalah komputer yang terkoneksi sebuah jaringan, akan lebih hemat bila dibandingkan dengan media cetak, dimana komponen utamanya menggunakan ketas dan tinta. Sehingga media informasi melalui Internet ini telah menjadi sebuah sarana penyebaran informasi yang sangat menggembirakan dan menguntungkan bagi umat manusia.

Sebagai media komunikasi, Internet telah mampu memudahkan masyarakat dalam berkomunikasi dengan masyarakat lainnya, tanpa mengenal perbedaan wilayah geografis dan waktu. Penggunaan web/blog, VoIP dan e-mail merupakan bukti bahwa Internet mampu digunakan sebagai media komunikasi yang efektif. Bandingkan dengan pengiriman surat via pos yang memerlukan hitungan hari apabila dikaitkan dengan faktor jarak tempuh. Pesan yang disampaikan melalui web/blog, VoIP dan e-mail jauh lebih cepat keterima oleh penggunanya. Dalam hitungan detik, pesan yang kita kirim akan sampai di tempat tujuan (pengguna internet).

Internet saat ini telah menjadi bagian penting dalam proses komunikasi baik searah maupun dua arah. Dalam proses komunikasi searah, maka pesan yang kita sampaikan akan tetap tersimpan dalam suatu jaringan. Komunikasi satu arah ini kita bisa memanfaatkan e-mail. Adapun dalam komunikasi dua arah kita bisa memanfaatkan VoIP untuk bisa berkomunikasi secara langsung dengan lawan komunikasi kita. Dan untuk komunikasi masal, kita bisa memanfaatkan web/blog sebagai sarana komunikasi dan informasi, sehingga setiap pengguna/pembaca web akan menangkap informasi yang disajikan.

2. Bidang Pendidikan dan Pembelajaran

Dalam bidang pendidikan, Internet telah banyak memberikan kontribusi yang signifikan. Sebuah konsep pendidikan dan pembelajaran melalui metode yang berbasis Teknologi dan Informasi atau yang kita kenal dengan istilah e-Learning dan e-Education, telah memudahkan kita dalam mengembangkan dunia pendidikan pada seluruh lapisan masyarakat.

E-education (Electronic Education) merupakan istilah penggunaan Teknologi Informasi dalam bidang pendidikan yang memungkinkan masyarakat dapat mengakses materi pendidikan dalam bentuk digital secara online. Antara penyedia materi dan orang-orang yang memanfaatkan materi pendidikan, tidak perlu bertemu secara langsung, atau melakukan kontak fisik. Melalui media Internet, kita dapat melakukan interaksi dengan pusat-pusat pendidikan yang berdiri dan berbasiskan pada sebuah jaringan Internet. Penerapan Internet sebagai media pendidikan online dapat kita jumpai dalam berbagai bentuk nyata, dari mulai sistem perkuliahan online, media perpustakaan online, kursus online dan lain-lain.

Pada era globalisasi seperti sekarang ini, yang menuntut kita untuk selalu serba cepat dalam segala hal, menjadikan e-Education sebagai metode yang tepat dibanding dengan metode pendidikan konvensional. Betapa tidak, segala materi pendidikan dapat disebarluaskan secara digital serta online. Sebagai contoh, penerapan e-Education pada sistem perkuliahan, telah banyak membantu para praktisi pendidikan dalam menyebarkan ilmu pengetahuan yang mereka miliki atau sebagai tambahan materi perkuliahan konvensional yang terbatas oleh waktu dan tempat. Para mahasiswa pun dapat mencari dan menambah wawasan melalui materi-materi perkuliahan online yang tersebar di berbagai website. Kegiatan forum kemahasiswaan atau komunitas lainnya dapat dengan mudah didirikan hanya dengan membuat sebuah forum di Internet.

E-Learning mengandung pengertian yang sangat luas dalam bidang pendidikan, sehingga para pakar mendefinisikan e-Learning ini dalam berbagai macam sudut pandang. Disini saya akan mengutip definisi e-Learning dimana maknanya lebih dapat diterima oleh kita.

Pertama, dari Darin E. Hartley (Hartley, 2001), ia menyebutkan bahwa e-Learning adalah suatu jenis belajar mengajar yang memungkinkan tersampaikannya bahan ajar ke siswa dengan menggunakan media Internet, Intranet atau media jaringan komputer lain.

Kedua, dari learnframe.com dalam Glossary of e-Learning Terms (Glossary, 2001) menyatakan bahwa e-Learning adalah sistem pendidikan yang menggunakan aplikadi elektronik untuk mendukung belajar mengajar dengan media Internet, jaringan komputer maupun komputer standalone.

Keuntungan dan manfaat yang dapat kita peroleh dengan adanya e-Learning dalam bidang pendidikan, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Dapat menghemat waktu dalam proses belajar mengajar
  • Dapat mengurangi biaya perjalanan atau transportasi yang dikeluarkan
  • Dapat menghemat biaya pendidikan secara keseluruhan (infrastruktur, peralatan dan buku-buku)
  • Dapat menjangkau wilayah geografis yang lebih luas
  • Dapat melatih para penuntut ilmu untuk lebih mandiri dalam mendapatkan ilmu pengetahuan
Dengan adanya e-Learning ini, tentunya masyarakat dapat memperoleh keuntungan yang sangat besar terutama bagi para pembelajar dan pencari ilmu pengetahuan. Data yang kita peroleh melalui Internet dapat dengan mudah disimpan, digunakan kembali maupun disebarluaskan mengingat konten materinya berupa data dan informasi dalam bentuk digital.

3. Bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Manfaat Internet dalam bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi sangatlah besar dan menjadi pusat penyebaran berbagai Ilmu Pengetahuan serta kemajuan Teknologi. Bagi para penuntut ilmu dan mereka yang haus akan Ilmu Pengetahuan serta kemajuan Teknologi, memanfaatkan Internet sebagai sarana untuk mencari berbagai referensi dalam berbagai jenis disiplin ilmu. Dengan Internet, mereka akan lebih mengenal teknologi yang sedang berkembang bahkan dapat menciptakan sebuah teknologi baru dikarenakan banyaknya materi yang membahas tentang proses teknologi diciptakan. Para ilmuwan akan menyebarkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang mereka miliki kemudian saling bertukar pikiran dengan ilmuwan lainnya. Mereka akan saling mengisi dan berbagi sehingga memungkinkan menghasilkan Ilmu Pengetahuan serta suatu Teknologi Modern.

Kemajuan suatu Ilmu pengetahuan dan Teknologi akan cepat tersebar dan dirasakan langsung oleh masyarakat dunia. Minimal, sebelum teknologi dilihat dan dirasakan secara nyata, kita dapat lebih dulu mengetahui tentang berita teknologi tersebut. Hal ini memungkinkan kita untuk lebih mengenal secara detil teknologi yang sedang berkembang, walaupun kita belum mampu membeli atau merasakan teknologi tersebut. Sehingga tidak bisa dipungkiri lagi bahwa Internet telah banyak membantu masyarakat dunia dalam mengenal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Kini, hubungan antara Internet dengan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi adalah sesuatu yang tidak dapat dipisahkan, karena inti dari Internet itu sendiri merupakan hasil Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, sedangkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi sangat membutuhkan jaringan Internet sebagai media penyebaran informasi atas Ilmu Pengatahuan dan Teknologi yang diciptakan.

4. Bidang Bisnis dan Perdagangan

Sebagian masyarakat bahkan hampir semua masyarakat dunia telah mengenal istilah e-Business. E-Business merupakan suatu bentuk kegiatan usaha atau bisnis yang dilakukan oleh orang pribadi, kelompok maupun Badan Usaha melalui sebuah jaringan Internet untuk melakukan berbagai macan kegiatan penawaran, pemasaran barang maupun jasa, ataupun kegiatan bisnis lainnya yang dilakukan secara online. Proses kegiatan bisnis ini tidak perlu mempertemukan antara pihak penjual dan pembeli atau dengan kata lain tidak ada kontak langsung secara fisik. Proses administrasi pun akan dilakukan secara online, sehingga akan sangat memudahkan kedua pihak dalam menyelesaikan proses penjualan dan pembelian.

Kenyataan yang sedang berkembang saat ini adalah bahwa Internet dijadikan sebagai sarana utama para pelaku bisnis dalam mempromosikan dan mempublikasikan usaha mereka. Sifatnya yang fleksibel menjadikan Internet sebagai media yang mampu menjawab tantangan atau kendala bisnis, seperti wilayah geografis, promosi, target pemasaran, proses administrasi pembelian dan penjualan, biaya yang dikeluarkan serta kendala-kendala bisnis lainnya. Sehingga kemudahan e-Business ini cukup memuaskan masyarakat terutama bagi yang memiliki tingkat kesibukan tinggi. Mereka hanya tinggal memilih, meng-klik, dan melakukan proses transfer / pembayaran kemudian produk yang dipesan akan datang ke tempat pembeli.

Berkaitan dengan keunggulan media Internet dibanding media lainnya bagi dunia usaha, saya coba tuliskan dengan uraian singkat di bawah ini :
  • Revenue Stream (aliran pendapatan) akan lebih menjanjikan bahkan lebih besar dibandingkan dengan bisnis konvesional yang memiliki banyak kendala dalam proses promosi dan publikasi serta masalah fleksibilitas.
  • Operating Cost (biaya operasional) yang lebih kecil dibandingkan bisnis konvensional, sehingga akan meningkatkan tingkat laba yang didapatkan.
  • Global Reach (jangkauan global) akan lebih mudah untuk diterapkan karena kelebihan Internet yang dapat menjangkau seluruh pelosok wilayah geografis di dunia.
  • Customer Loyality (loyalitas pelanggan) dapat lebih diharapkan dan ditingkatkan sehingga akan menjaga kesinambungan usaha.
  • Suplier Management (pengaturan pengiriman) yang lebih mudah karena dapat memakai pihak ketiga sebagai alternatifnya.
  • High Fleksibility (tingkat fleksibilitas yang tinggi) karena dapat dilakukan kapan dan dimana saja tanpa dibatasi ruang dan waktu.
5. Bidang Pemerintahan

Seiring dengan kemajuan teknologi terutama dalam bidang Teknologi Informatika, Instansi Pemerintahan merupakan salah satu pihak yang sangat diuntungkan dengan adanya media Internet ini. Untuk saat ini kita mengenal istilah e-Goverment dalam pemerintahan kita, walaupun mungkin perkembangannya masih agak tersendat. E-Goverment merupakan suatu bentuk kegiatan administrasi pemerintahan yang diterapkan dengan menggunakan media Internet sebagai sarana untuk penyampaian dan penyebaran informasi dari satu tingkat pemerintahan ke tingkat pemerintahan lainnya maupun dari tingkat pemerintahan ke masyarakat.

Dalam suatu instansi pemerintahan, Internet dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti penyebaran informasi dan peraturan, pengiriman laporan, update administrasi pemerintahan, juga informasi dan keperluan penting lainnya. Dapat kita bayangkan, betapa akan sangat memakan waktu dan biaya apabila suatu informasi, peraturan ataupun administrasi lainnya harus dilakukan secara tradisional dengan mengirimkannya ke lokasi. Salah satu contoh nyata adalah keberadaan email yang sangat bisa diandalkan untuk mewakili proses tradisional administrasi pemerintahan. Atau bisa pula menggunakan teknologi VoIP sebagai alternatif untuk penyebaran informasi ringan.

Untuk proses penyebaran informasi kepada masyarakat, Instansi Pemerintahan bisa membuat sebuah web di Internet. Web tersebut dapat diisi dengan berbagai informasi penting baik yang sifatnya pengumuman, ajakan maupun himbauan. Sehingga masyarakat hanya tinggal mengakses web tersebut dimana pun mereka berada dan kapan pun waktu yang ia bisa. Proses penyebaran informasi yang dilakukan Instansi Pemerintahan melalui Internet ini akan lebih efektif dan efisien dibanding menggunakan metode lainnya.

Pada hakikatnya, keberadaan Internet ini sangat multi fungsi terhadap seluruh aspek kehidupan manusia. Kemudahan yang kita dapatkan dari media Internet ini telah membawa perubahan pada peradaban umat manusia di dunia. Insting kita akan kebutuhan suatu informasi sangatlah besar dan dengan Internet ini hampir semua informasi yang kita butuhkan dapat kita dapatkan dengan mudah. Yang menjadi persoalannya adalah sudah sejauh mana kita bisa memanfaatkan media Internet ini sehingga bisa menjadikannya berguna bagi diri kita? Maka, saya mengajak,  terus dan teruslah menuntut ilmu karena ilmu itu sudah tersebar luas dalam berbagai bentuk terutama dalam bentuk digital seperti Internet ini.

Zona Netter - "Menuntut Ilmu, Mencari Peluang, Meraih Kesuksesan"

Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

0 Comments:

Posting Komentar

 

Mutiara Network Copyright © 2010 LKart Theme is Designed by Lasantha